Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Siapa yang tak pernah melakukan kegiatan ini? Menangis, ya merupakan kejadian dimana mata mengeluarkan air, tak hanya mengeluarkan ari namun pada saat menangis manusia menumpahkan emosinya dari mulai bahagia sampai sedih sekalipun.

Tapi taukah kalian bahwa menangis itu bukan kegiatan yang biasa? Kenapa? menangis ternyata mempunyai manfaat bagi manusia? Berikut Manfaat Menangis Bagi Manusia:

Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Baca Juga : Kue Cubit Khas Bandung

1. Membantu Penglihatan Mata
Air mata ternyata dapat membantu penglihatan seseorang agar lebih baik ( terawat ). Cairan yang dikeluarkan oleh mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata, dimana ketika terjadi dehidrasi pada membran mata akan membuat penglihatan menjadi kabur.
2. Membunuh Bakteri
Air mata juga berfungsi sebagai antibakteri alami yang keluar dari Mata. Dalam air mata ternyata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh bakteri sekitar 90 – 95 %. Bakteri tersebut didapat dari beberapa kegitan yang manusia lakukan seperti terlalu lama menggunakan gadget, laptop dan kegiatan lainnya.
3. Meningkatkan mood
Ketika menangis manusia dapat menurunkan level depresinya, karena dengan menangis akan membuat mood yang hilang terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
4. Mengeluarkan Racun
Air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata membawa racun. Namun racun yang di keluarnya itu menandakan bahwa Air mata tersebut membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
5. Mengurangi Stres
Air mata ternyata juga dapat mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh manusia yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. jadi sebaiknya jika memendam sesuatu lebih baik dikeluarkan / dicurahkan, maupun lewat tangisan atau bercerita pada orang yang dipercaya. hal ini dapat mengurangi beban stres yang anda tanggu.
6. Melegakan Perasaan
Setelah menangis manusia cenderung lebih tenang, fikiran dan tubuh terasa lebih rilex dimana kejadian ini biasanya terjadi pada seseorang yang telah menangis karna mengeluarkan emosi yang terpendam.

0 Comments

Post a Comment